PERINGATAN HCPSN 2019 BALAI BESAR KSDA SUMATERA UTARA

hcpsnsib.jpg
Pelepasan burung pada Peringatan HCPSN 2019 Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Sibolangit, 5 Nopember 2019

Sederhana namun tidak mengurangi kemeriahannya, itulah yang tergambar dalam Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) Tahun 2019 Balai Besar KSDA Sumatera Utara yang dirayakan di kawasan TWA Sibolangit, pada Selasa 5 Nopember 2019.

Peringatan yang mengusung tema “Membangun Generasi Millenial Cinta Puspa dan Satwa Nasional Untuk Indonesia Unggul”, dihadiri generasi-generasi millenial berasal dari SMK Swasta Kesehatan Imelda Medan sebanyak 150 orang dan 30 orang siswa/siswi SMP Negeri 2 Sibolangit. Turut hadir dalam acara seremonial, Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Sidikalang, Tuahman Tarigan, SP., Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi Pelaporan dan Kehumasan, Andoko Hidayat, S.Hut., MP., serta awak media (wartawan) baik cetak maupun elektronik.

Serangkaian acara digelar oleh Panitia Pelaksana dari Resort CA./TWA. Sibolangit, diantaranya : penyerahan dan penitipan 1 individu Elang Ular Bido dari warga melalui Balai Besar KSDA Sumatera ke PPS Sibolangit, penanaman 13 bibit pohon di kawasan TWA Sibolangit, pelepasliaran 35 burung Perkutut, penyerahan buku-buku konservasi kepada pihak Yayasan SMK Swasta Kesehatan Imelda Medan, serta fieldtrip ke kawasan TWA Sibolangit.

hcpsnsibb
Penitipan satwa burung penyerahan masyarakat oleh Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi Pelaporan dan Kehumasan Balai Besar KSDA Sumut kepada petugas PPS Sibolangit (gambar kiri) dan penanaman pohon oleh seorang pelajar SMP Negeri 2 Sibolangit (gambar kanan)

Kepala Sub Bagian Data, Evaluasi Pelaporan dan Kehumasan Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Andoko Hidayat, S.Hut., MP., dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kawasan TWA Sibolangit merupakan salah satu role model pengelolaan kawasan konservasi di Sumatera Utara yang fokus mengembangkan Wisata Ekoling (Edukasi Konservasi Lingkungan) kepada masyarakat khususnya generasi muda.

“Kami berharap, adik-adik yang menghadiri acara HCPSN hari ini nantinya dapat menumbuhkan kesadaran dan kepedulian untuk ikut serta dalam upaya-upaya konservasi alam, dimanapun adik-adik berada,” ujar Andoko.

hcpsnsibbb
Fieldtrip siswa/siswi SMK Swasta Kesehatan Imelda Medan ke kawasan

Sementara itu, Kepala Resort CA./TWA. Sibolangit, Samuel Siahaan, SP., dalam laporannya menyampaikan bahwa sebelum pelaksanaan puncak peringatan, telah dilakukan serangkaian kegiatan menyambut dan memeriahkan HCPSN,    seperti : Senam sehat dan Bincang Wisata yang diselenggarakan oleh Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Deli Serdang, Camat Sibolangit dan instansi pemerintah terkait, pada Jumat 1 Nopember 2019 di kawasan TWA Sibolangit, Kegiatan Orientasi Pengenalan dan Penerimaan Anggota Baru (OMATARU) Kepramukaan Tingkat Penegak dan Pendega, pada 1-3 Nopember 2019, di TWA Sibolangit, serta kegiatan Wisata Ekoling SMA Swasta Methodist Pancur Batu, pada 2 Nopember 2019 di TWA Sibolangit. (Evan)