PELATIHAN SURVEY OKUPANSI HARIMAU BBKSDA SUMUT BERSAMA PT. TOBA PULP LESTARI

OKUPANSI HARIMAU TPL

Medan, 28 Nopember 2019

Balai Besar KSDA Sumatera Utara bekerja sama dengan PT. Toba Pulp Lestari (TPL) menyelenggarakan Pelatihan Survey Okupansi Harimau Sumatera tanggal 22-23 Nopember 2019 di areal PT. TPL Sektor Aek Nauli Kabupaten Simalungun.

Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan SDM pelaksana survey agar memahami pedoman dan teknik survey okupansi disetiap perwakilan lansekap di Sumatera Utara, dan dapat menerapkan metode yang standar di lapangan serta memahami kaidah ilmiah dalam survey Sumatera Wide Tiger Survey (SWTS). Dalam pelatihan ini dihadirkan narasumber yang berpengalaman dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara dan Wildlife Conservation Society Indonesian Program (WCS-IP).

OKUPANSI HARIMAU TPL1

Peserta pelatihan berasal dari staf setiap sektor PT. TPL yang nantinya akan melakukan survey di wilayah konsesi perusahaan yang menjadi salah satu grid pengamatan dan telah dibagi dengan ukuran 17×17 Km. Antusias peserta pelatihan ditunjukkan dengan aktif bertanya kepada narasumber terkait perencanaan kegiatan, praktek lapangan dan evaluasi kegiatan, serta terkait pengalaman lapangan narasumber yang telah melakukan survey di lokasi yang berbeda sebelumnya.

Setelah pelatihan ini direncanakan pada tanggal 25 November 2019, sesuai SOP perusahaan akan dilakukan pemeriksaan kesehatan bagi staf yang akan melakukan survey dan selanjutnya tanggal 26 Novemver 2019 PT. TPL akan langsung melakukan survey selama 10 hari, didampingi oleh staf BBKSDASU yang juga telah berpengelaman melakukan survey.

Kolaborasi pemerintah, Swasta, Universitas dan NGO dalam upaya KSDAE diharapkan dapat memberikan kontribusi positif untuk pelestarian satwa kharismatik di Indonesia khususnya di Sumatera Utara. (Riri/Balai Besar KSDA Sumatera Utara)