MASYARAKAT LANGKAT SERAHKAN ELANG BONDOL (HALIASTUR INDUS) KEPADA BBKSDA SUMUT

ELANG BONDOL STABAT
Penyerahan elang bondol dari masyarakat kepada BBKSDA Sumatera Utara

Stabat, 28 Januari 2020

Balai Besar KSDA Sumatera Utara, melalui Resort Karang Gading dan Langkat Timur Laut III menerima penyerahan satwa liar dilindungi undang-undang jenis Elang Bondol (Haliastur Indus), pada Jum’at, 17 Januari 2020 dari masyarakat Dusun Kepala Sungai, Desa Sukamulia, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat.  

Bermula dari adanya informasi bahwa masyarakat Dusun Kepala Sungai, Desa Sukamulia, Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat yang memelihara satwa dilindungi jenis Elang Bondol.  Petugas resort langsung menuju lokasi dan memberi penjelasan bahwa Elang Bondol merupakan satwa liar yang dilindungi undang-undang. Sehingga tidak boleh dipelihara secara illegal.

Sipemilik, Ikawati yang tidak mengetahui bahwa peliharaanya tersebut merupakan jenis yang dilindungi, kemudian dengan suka rela menyerahkana elang bondol tersebut kepada petugas. Selanjutnya petugas resort segera mengevakuasi Elang Bondol dan menitipkannya ke Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit untuk direhabilitasi sebelum dilepasliarkan ke habitatnya.

 (Ainy Amelya Utami, S.Hut – Penyuluh Ahli Pertama BBKSDA Sumatera Utara)