SMP METHODIST PANCUR BATU DAN SMP SWASTA SITI HAJAR MEDAN WISATA EKOLING DI TWA SIBOLANGIT SUMATERA UTARA

lll
Wisata Ekoling SMP Methodist Pancur Batu di TWA Sibolangit

Sibolangit, 31 Januari 2019

Pada Senin, 27 Januari 2019, 62 siswa/i SMP Methodist Pancur Batu dan  63 siswa/i SMP Swasta Siti Hajar Medan melaksanakan kegiatan  Wisata Edukasi Konservasi Lingkungan (Ekoling) di TWA. Sibolangit di jam yang berbeda. Dua hari sebelumnya pada Sabtu. 25 Januari Marga Siahaan (Raja Idaon Medan Sekitarnya) juga mengadakan perkumpulan di TWA. Sibolangit.

Masing masing sekolah mempunyai tema tersendiri, yaitu “Ekosistem Hutan” tema dari sekolah SMP Methodist Pancur Batu, sedangkan “Kegiatan Belajar dan mengenal alam lebih dekat” tema dari SMP Swasta Siti Hajar Medan. Siswa/i tersebut didampingi oleh guru masing-masing dari sekolah.

Sebelum memasuki kawasan Siswa/i SMP Methodist Pancur Batu dan SMP Swasta Siti Hajar Medan dibekali dengan pengenalan kawasan TWA Sibolangit, upaya pengurangan sampah plastic, upaya menjaga kelestarian alam yang disampaikan oleh Kepala Resort TWA. Sibolangit Samuel Siahaan. Selain itu siswa/i juga diajak untuk menyebutkan Yel-Yel semangat konservasi.

Selanjutnya guru pembimbing langsung mengajak siswa/i pengenalan berbagai Jenis flora berupa jenis pohon, ukuran pohon, diameternya, tumbuhan obat, serta disepanjang jalur interpretasi dan edukasi Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit  untuk pengenalan satwa yang dilindungi undang-undang.

Wisata ekoling ini sudah dilaksankan SMP Swasta Siti Hajar Medan setiap tahun yang merupakan bagian acara Camp Nature 2020.

lllll
Penyerahan buku ekoling dan bibit Pulai

Kepala resort TWA. Sibolangit juga menyerahkan buku ekoling dan 15 bibit Pulai kepada masing-masing sekolah. Buku ekoling dapat digunakan sebagai panduan  sedangkan bibit pulai untuk koleksi tanaman disekolah. Perlu diketahui SMP Swasta Siti Hajar Medan merupakan salah satu sekolah di Kota Medan yang telah berhasil memperoleh Penghargan terbaik Adiwiyata Mandiri Tingkat Nasional dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan atas apresiasi sekolah dalam kepedulian Lingkungan khususnya di lingkungan Sekolah.

Bagi Kamu Pelajar yang perlu pernah Ke Taman Wisata Alam Sibolangit, yuk Belajar sambil Wisata Alam  di TWA Sibolangit. (Samuel Siahaan/BBKSDASU)