SMP SWASTA SITI HAJAR MEDAN WISATA EKOLING KE TWA. SIBOLANGIT

SMPS SITI HAJAR.png
Foto bersama Swasta Siti Hajar Medan foto bersama

Sibolangit, 12 Februari 2020

Pada Senin, 10 Februari 2020, 62 siswa/i SMP Swasta Siti Hajar Medan berkunjung ke TWA Sibolangit untuk yang kesekian kalinya, di dampingi guru pembimbing Yudi Pramono Pawiro, S.Pd.I, M. Pd , Elviana Lingga, S.Pd Khoiruddin Nasution, S. Sos dari sekolah. Kunjungan ini bertema “Belajar dan mengenal alam Lebih Dekat”. SMP Swasta Siti Hajar Medan sudah rutin melakukan wisata ekoling setiap tahunnya dan merupakan bagian dari acara Nature Camp 2020 bagian kedua.

Seperti biasa, sebelum memasuki kawasan, siswa/i SMP Swasta Siti Hajar Medan lebih dulu Kepala Resort TWA. Sibolangit Samuel Siahaan membekali dengan pengenalan Kawasan TWA. Sibolangit. Kemudian siswa/i SMP Swasta Siti Hajar Medan mempersembahkan  lagu dan puisi bertemakan Konservasi dan Lingkungan, pidato dalam bahasa inggris dari SMP Negeri 2 Sibolangit, itu siswa siswi tersebut juga menyebutkan Yel-Yel semangat konservasi. Selain itu Kepala Resort TWA. Sibolangit juga menyerahkan  buku Ekoling (Edukasi Konservasi dan Lingkungan) kepada setiap siswa/i yang ikut tampil dalam Lagu dan Pusi Konservasi dan Lingkungan.

SMPS SITI HAJAR1
Siswa/i SMP Swasta Siti Hajar Medan belajar memasuki kawasan TWA. Sibolangit

Selanjutnya, siswa/i tersebut memasuki kawasan, didalam kawasan konservasi, siswa/i dikenalkan berbagai jenis flora berupa jenis pohon, ukuran pohon, diameternya, tumbuhan obat, fungsi hutan disepanjang jalur interpretasi dan  diakhiri  Edukasi di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit  untuk pengenalan satwa yang dilindungi undang-undang dan upaya konservasinya.

Kemudian salah satu siswa diminta untuk tampil di depan siswa/i lainnya untuk berbagi  pengalaman apa yang peroleh di dalam Kawasan TWA Sibolangit. Setelah selesai berbagi pengalaman siswa tersebut diberikan buku-buku konservasi, stiker, DVD kawasan konservasi, video di perpustakaan dan Buletin Beo Nias dan selain kepada siswa, kepada pihak sekolah untuk koleksi.

Bagi Kamu Pelajar yang belum pernah Belajar Konservasi di Hutan Taman Wisata Alam Sibolangit, yuk Belajar sambil Wisata Alam  di TWA Sibolangit. (Samuel Siahaan/ PEH Pertama BBKSDASU)