BALAI BESAR KSDA SUMATERA UTARA PERINGATI HPSN 2020 DI SD DARMA MEDAN

Peringatan HPSN
Samuel Siahaan, SP., didampingi Eva Suryani Sembiring, S.Hut. melakukan demonstrasi pemilahan sampah jenis organik, anorganik dan limbah B3 dihadapan siswa/siswi SD Darma Medan

Medan, 24 Februari 2020

          Wajah-wajah ceria siswa/siswi Sekolah Dasar (SD) Darma Medan, Jln. Karya Sehati No. 6 Kecamatan Medan Johor, menyambut kehadiran rombongan Balai Besar KSDA Sumatera Utara, yang dipimpin Kepala Bidang Konservasi Wilayah I Kabanjahe, Mustafa Imran Lubis, SP., pada Jumat 21 Februari 2020. Turut hadir dalam rombongan Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Samuel Siahaan, SP. (Kepala Resort CA./TWA. Sibolangit/PEH Pertama), Eva Suryani Sembiring, S.Hut. (Penyuluh Kehutanan Pertama), dan Evansus R. Manalu (Analis Data Kehumasan).

          Sambutan rombongan Balai Besar KSDA Sumatera Utara dalam rangka Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2020. Kepala Sekolah SD Darma Medan, Zainal Ma’ruf, BA., S.Pd., dalam sambutannya menyampaikan kegembiraannya atas kepercayaan yang diberikan kepada SD Darma Medan untuk tempat penyelenggaraan Peringatan HPSN 2020.

          “SD Darma Medan secara bertahap dan kontinyu sudah mulai menggalakkan kepedulian siswa/i terhadap masalah sampah, karena berkaitan dengan kebersihan lingkungan. Kedepan kami akan terus berbenah dan berharap adanya dukungan serta pendampingan dari pihak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, khususnya Balai Besar KSDA Sumatera Utara,” ujar Zainal Ma’ruf.

          Kepala Bidang Konservasi Wilayah I Kabanjahe, Mustafa Imran Lubis, SP., mewakili Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara dalam arahannya menyampaikan pentingnya membangun kepedulian terhadap masalah sampah yang sebaiknya dimulai sedini mungkin melalui dunia pendidikan/edukasi

HSPN2
Kepala Bidang Konservasi Wilayah I kabanjahe, Kepala Sekolah SD Darma Medan dan guru pembina memperlihatkan hasil karya siswa/i dan guru dalam pengolahan dan pemanfaatan sampah

“Saya bangga siswa/i SD Darma Medan sudah mulai peduli dengan masalah sampah dan bahkan sudah melakukan pengolahan sampah dengan berbagai kreasi. Kreativitas pengolahan sampah menjadi barang-barang yang dapat dimanfaatkan kembali, nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan karena mempunyai nilai ekonomis,” ujar Mustafa.

          Melihat kepedulian SD Darma Medan, yang bukan hanya pada kegiatan HPSN 2020, tetapi juga berpartisipasi dalam berbagai kegiatan lainnya, seperti penampilan tari Go Green pada kegiatan Peringatan HCPSN Balai Besar KSDA Sumatera Utara Tahun 2018, kegiatan 9th Indonesia Climate Change Forum & Expo 2019 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, serta kegiatan Kemah Konservasi Balai Besar KSDA Sumatera Utara Tahun 2019, Mustafa Imran Lubis mengharapkan Balai Besar KSDA Sumatera Utara dan SD Darma Medan dapat menjalin Perjanjian Kerjasama dalam pengembangan Pendidikan Konservasi Alam sebagaimana yang telah ada.

HSPN3
Kepala SD Darma Medan dengan bangga menunjukkan piagam penghargaan yang diterima dari Kepala Bidang Konservasi Wilayah I Kabanjahe (gbr kiri) dan foto bersama dengan penerima penghargaan tim teatrikal SD Darma Medan (gbr kanan)

Berbagai rangkaian kegiatan memeriahkan Peringatan HPSN 2020 digelar, seperti : demonstrasi pilah sampah, yel-yel siswa/i kampanye peduli sampah, tarian etnis Jawa tentang perambahan hutan, teatrikal “Jangan Jadikan Sampah Sebagai Wabah”, penyerahan piagam penghargaan atas kepedulian SD Darma Medan oleh Kepala Bidang Konservasi Wilayah I Kabanjahe, penyerahan kenang-kenangan kepada tim teatrikal serta Pameran hasil karya pengolahan dan pemanfaatan sampah oleh siswa/i dan guru-guru SD Darma Medan. (Evan, Balai Besar KSDA Sumut)