DUA SPESIES BUNGA BANGKAI MEKAR DI CA./TWA. SIBOLANGIT

Amorphopallus parinii
Amorphopallus prainii 
tumbuh mekar di CA./TWA. Sibolangit
Amorphophallus beccarii
 Amorphophallus beccarii 
tumbuh mekar di CA./TWA. Sibolangit.

Sibolangit, 20 Mei 2020

Disaat pandemi Virus Corona 19 masih berlangsung sampai hari ini, namun semangat petugas Resort CA./TWA. Sibolangit tak sedikitpun surut untuk melaksankan tugas patroli kawasan dalam rangka pengelolaan kawasan konservasi. Dengan mengikuti protokol kesehatan, pelaksanaan tugas di lapangan tetap berlangsung.

Patroli di kawasan tidak hanya sekedar rutinitas tugas, tetapi juga bagi petugas lapangan sebagai cara untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Bukan hanya fisik tetapi jiwa juga ikut disegarkan dengan menghirup udara segar, menyaksikan keindahan aneka ragam tumbuhan serta  mendengar suara-suara satwa di alam.

Dalam kegiatan patroli yang dilaksanakan petugas Resort CA./TWA. Sibolangit dari tanggal 16 s.d 18 Mei 2020 menjumpai Bunga Bangkai sedang tumbuh mekar di CA dan TWA Sibolangit. Sekedar diketahui, di Kawasan CA./TWA. Sibolangit saat ini terdapat 3 species dari bunga bangkai, yaitu Amorphopallus titanum, Amorphophallus beccarii dan Amorphopallus prainii.  

Dari 3 Species diatas, 2 diantaranya mengalami generatif (mekar bunga)  yakni munculnya bunga majemuk yang menggantikan batang dan daun pada waktu hampir bersamaan, yaitu  jenis Amorphopallus prainii terlihat mekar pada tanggal 17 Mei 2020 di TWA. Sibolangit, dan Jenis Amorphophallus beccarii terlihat tumbuh pada tanggal 18 Mei 2020, dengan tinggi 90 cm, di batas kawasan CA. Sibolangit.

Sedangkan untuk jenis Amorphopallus titanum, yang populasinya cukup banyak di CA. Sibolangit, sampai saat ini belum terlihat tumbuh. Terakhir terlihat mekar pada 16 Mei 2017 yang lalu, ungkap Kepala Resort CA/TWA Sibolangit Samuel Siahaan, SP bersama tim Sangap, Edi dan M. Irsan.

Umumnya kedua jenis bunga bangkai yang mekar diatas, masa mekarnya sampai layu adalah 2-3 hari.  Perlu adanya penelitian lebih lanjut terhadap 3 species bunga bangkai yang ada di CA dan TWA Sibolangit. Dengan akses yang mudah menuju lokasi CA/TWA Sibolangit dari Kota Medan, hanya 38 km, memudahkan sekaligus  melancarkan kegiatan penelitian, baik bagi peneliti maupun mahasiswa. Ayo Lestarikan Habitat Bunga Bangkai.  (Samuel Siahaan, SP/PEH Pertama).