PESONA FLORA-FAUNA TWA DANAU SICIKE CIKE DAN TWA SIBOLANGIT, SUMATERA UTARA

Raflesia sibolangit
Rafflesia Mayer (Rafflesia meijeri) di TWA Danau Sicike-cike dan Julang Emas keindahan yang tersimpan di TWA Sibolangit

Sibolangit, 5 Juni 2020

Patroli pengamanan kawasan dilaksanakan secara rutin oleh Petugas KSDA, kali ini di Resort KSDA TWA Danau Sicike cike dan TWA Sibolangit. Tujuan Patroli rutin ini untuk memonitor dan pengamanan kawasan serta untuk monitoring keanekaragaman hayati yang ada di dalamnya. Setiap patroli dilaksanakan selalu membuahkan hasil perjumpaan flora dan fauna di dalam kawasan. Selalu ada yang baru dan unik.

Semua hasil perjumpaan flora dan fauna pada saat patroli didokumentasikan dan dicatat dalam tally sheet SMART Patrol (spasial monitoring and reporting tool). Semua momentum diabadikan dalam gambar dan video.

Pada Kamis, 4 Juni 2020, Tim Resort TWA Danau Sicike cike yang dipimpin Kepala Resort, Bergiat Sembiring, dan TWA Sibolangit,  Samuel Siahan, SP. secara bersamaan  melaksanakan kegiatan Patroli Kawasan di lokasi berbeda, bersama dengan  Masyarakat Mitra Polhut (MMP).

Hasil patroli di TWA Danau Sicike cike diperoleh suguhan yang menarik berupa mekarnya bunga Rafflesia Mayer (Rafflesia meijeri) dan Arisaema filiforme. Selain itu juga air terjun Lae Prada yang menarik dilihat,  serta sarang orangutan di pepohonan. Sedangkan di TWA Sibolangit, terlihat 42 individu Rangkong Julang Emas, satwa yang dilindungi, terbang indah dan menawan.

Raflesia 1
Bunga Arisaema filiforme di TWA Danau SiCike-cike

Kegiatan patroli ini merupakan bagian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia  yang diperingati setiap tanggal 5 Juni setiap tahunnya. Mari bersama kita melestarikan alam kita, baik flora fauna maupun habitatnya, khususnya Hutan Konservasi, sebagaimana tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia  “Time For Nature” (Waktunya Untuk Alam).

(Bergiat Sembiring ,Kepala Resort TWA Danau Sicike cike  dan  Samuel Siahaan, SP, PEH Pertama/Kepala Resort CA/TWA Sibolangit).