BBKSDA SUMUT EVAKUASI ORANGUTAN TAPANULI DI TARUTUNG

OU Tapanuli
Orangutan Tapanuli yang berhasil dievakuasi oleh Tim gabungan menjalani pemeriksaan kesehatan awal oleh Tim medis

Tarutung, 19 Juni 2020

Pada Senin, 15 Juni 2020, petugas Seksi Konservasi Wilayah (SKW) IV Tarutung, KPH XII Tarutung dan Yayasan Orangutan Sumatera Lestari-Orangutan Information Centre (YOSL-OIC) melakukan evakuasi terhadap satu individu anakan Orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis) yg berlokasi di Dusun Parlimaan, Desa Siandor-andor, Kecamatan Tarutung, Kabupaten Tapanuli Utara.

Evakuasi ini bermula, ketika pada Minggu, 14 Juni 2020 sekitar pukul 19.30 WIB, salah seorang warga melapor kepada Kepala SKW IV Tarutung tentang keberadaan satu individu Orangutan Tapanuli yang memasuki pemukiman masyarakat. Orangutan tersebut ditemukan di pancuran air yang tidak jauh dari rumahnya.

Menindaklanjuti laporan tersebut, Kepala SKW IV kemudian berkoordinasi dengan KPH XII Tarutung dan YOSL-OIC untuk melakukan evakuasi satwa tersebut. Setelah berhasil dievakuasi, dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh Tim medis dan ternyata kondisi kesehatan Orangutan Tapanuli belum stabil, sehingga tidak memungkinkan untuk dilepasliarkan. Oleh karena itu Tim sepakat dilakukan rehabilitasi.

Satwa akhirnya dibawa ke Pusat Karantina Orangutan Sumatera (PKOS) di Desa Batu Mbelin, Kecamatan Sibolangit guna dilakukan pengecekan kesehatan lebih lanjut. Harapannya, semoga satwa liar tersebut segera pulih sehingga nantinya dapat dilepasliarkan kembali ke habitatnya. (Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung)