BUAYA SINYULONG PENGANGGU WARGA AEK NATAS

WhatsApp Image 2018-08-13 at 16.45.29

Kepala Seksi Wilayah III Kisaran, Zainuddin, bersama anggota Koramil dan Polsek Aek Natas setelah berhasil menangkap Buaya Sinyulong

Pematangsiantar, 14 Agustus 2018

Bermula pada Sabtu tanggal 11 Agustus 2018, tim Balai Besar KSDA Sumatera Utara mendapatkan laporan tentang keberadaan satu individu Buaya Sinyulong (Tomistoma schlegelii). Buaya Sinyulong ini kerap menampakkan diri di aliran sungai Aek Natas Kelurahan Bandar Durian Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhan Batu Utara dan mengganggu warga yang sedang mandi serta memancing.

Selanjutnya tim Penanganan Konflik Satwa dan Manusia Balai Besar KSDA Sumatera Utara dari Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar segera menindaklanjuti laporan tersebut. Tim bekerjasama dengan personil Koramil dan Kepolisian Sektor Aek Natas serta warga Kelurahan Bandar.

Setelah melakukan berbagai upaya akhirnya warga berhasil menangkap Buaya Sinyulong yang berjenis kelamin betina dengan panjang 3 meter, dan diamankan oleh Kepala Dusun. Pada hari itu juga Kepala Dusun menyerahkannya kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara guna penanganan dan proses tindak lanjut.

Buaya Sinyulong berhasil dievakuasi tim dalam kondisi hidup dan dititipkan di Taman Margasatwa Medan Zoo. Sampai saat ini Buaya Sinyulong dirawat dan ditangani secara khusus oleh tim pengelola Taman Margasatwa Medan Zoo. (Presli)

%d blogger menyukai ini: